Mutiara Kata Untuk Murabbi.

"JIKA MURID DIAJAR DENGAN PUJIAN, DIA BELAJAR MENGHARGAI"

"JIKA MURID DIAJAR DENGAN CELAAN, DIA BELAJAR MEMAKI"

"JIKA MURID DIAJAR CEMUHAN, DIA BELAJAR RENDAH DIRI"

"JIKA MURID DIAJAR DENGAN PERSAHABATAN, DIA BELAJAR MENYAYANGI"

"JIKA MURID DIAJAR PERMUSUHAN, DIA BELAJAR BERKELAHI"

"JIKA MURID DIAJAR JAMINAN, DIA BELAJAR MEMPERCAYAI"

"JIKA MURID DIAJAR DENGAN PENGHINAAN, DIA BELAJAR MENYESALI"

"JIKA MURID DIAJAR DENGAN KEADILAN, DIA BELAJAR KESAKSAMAAN"

"JIKA MURID DIAJAR DENGAN DISKRIMINASI, DIA BELAJAR MEMENTINGKAN DIRI"

07 September 2012

Bersin.

Hathchum!

"Alhamdulillah," Muaz memuji Allah selepas bersin.

"Yarhamkallah," perlahan dan sejuk hati Muaz mendengar ada seseorang mendoakannya. Ternyata dia adalah seorang muslimah yang menjaga auratnya.

"Yahdina Yahdikumullah," jawab Muaz sambil tersenyum. Berbunga hati menatap muslimah itu. Bibirnya menguntum sebuah kebahagiaan.

Dia terpandang cincin yang dipakai oleh muslimah itu. Oh, sudah berpunya rupanya. Bisik hatinya. Muaz terus menyelesaikan tugasnya di kaunter bank untuk pelanggannya itu. Sebaik mungkin tugasannya diselesaikan.

Muslimah itu kelihatan gelisah. Seolah-olah ada debaran memandang jejaka yang berurusan dengannya. Sebaik mungkin dia berusaha menenangkan diri melihat catatan pada dinding di belakang kaunter bank itu.

Tiba-tiba rasa nak buat cerpen. Kena ambil mood dulu. hehehe
**********

Apa kesudahan cerita ini? lupakan. Apa yang nak diberitahu adalah doa untuk orang yang bersin.

Tahukah kita bahawa apabila seseorang bersin, dia mengeluarkan penyakit dalam tubuhnya. Semasa bersin juga semua organ-organ penafasan, sistem penghadaman tubuh, kencing dan jantung akan terhenti.

Apabila jantung berfungsi semula, kita sebagai orang Islam disunatkan mengucap tanda syukur "Alhamdulillah". Bagi yang mendengar disunatkan mendoakannya dengan menyebut "yarhamkallah" (bagi lelaki) dan "yarhankillah" (bagi perempuan). Jika seseorang itu mendengar doa orang lain untuknya..jawablah dengan kalimah "Yahdina yahdikumullah"

"Bersin merupakan kegiatan yang positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorakan) dan ini adalah hal yang baik, sedangkan menahan bersih justru berbahaya karena bisa menimbulkan beberapa risiko,' ujar Dr Michael Roizen, kepala Wellness Officer Clevelend Clinics, seperti dikutip dari Doctoroz.com.


Roizen mengungkapkan ada beberapa bahaya yang boleh ditimbulkan jika seseorang menahan bersin oaitu:

   1. Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
   2. Mimisan
   3. Pecah gendang telinga
   4. Gangguan pendengaran
   5. Vertigo
   6. Retina yang terlepas atau mengalami emfisema.

Hal ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin yang tinggi. Cedera yang timbul umumnya mempengaruhi struktur bagian dalam kepala.

Emfisema adalah suatu kondisi yang bisa menyerang anak-anak ataupun orang dewasa. Situasi ini sangat berbahaya dan berpotensi mematikan karena dapat membatasi kemasukan udara. Tanda-tanda yang muncul biasanya wajah atau leher yang membengkak dan timbul rasa ketidaknyamanan.

"Untuk membantu seseorang agar mudah bersin bisa dengan cara melihat cahaya terang, hal ini dapat merangsang saraf optik yang melintasi jalur pusat bersin. Selain itu iritasi yang terjadi di saraf dekat pusat bersin juga bisa memicu seseorang untuk bersin," tambahnya.

Saat seseorang bersin biasanya diikuti oleh keluarnya bakteri atau kuman dari dalam tubuh. Hal ini berguna untuk menjaga hidung agar tetap bersih, karenanya seringkali bersin terjadi secara berulang-ulang.

Jadi jangan menahan bersin untuk menghindari beberapa risiko tersebut. Tapi jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan saat bersin, agar bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan orang lain.


Sumber :
ver/ir - health.detik.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...